Kamis, 21 Juni 2018

REALITA SEBAGAI KONTEKS KEHAIRAN AGAMA

REALITA SEBAGAI KONTEKS KEHADIRAN AGAMA

yaliwimpuk.blogspot.com.Realitas Sosial Sebagai Konteks-Konteks Kehadiran Agama:
Evaluasi:
1. Sebutkan ciri mendasar masyarakat indonesia yang tidak dapat ditollak oleh siapapun?.
2. Apa yang dimaksud indonesia sebagai negara pluralis?
3. Apa yang menyebabkan hubungan antar agama selalu mengalami pasang surut?
4. Apa yang dimaksud mayoritas sindrom dan minoritas sindrom?
5. Peran agama-agama dalam pembangunan
6. Sebutkan konsistusi kita yang memngakomodir bahwa setiap orang bebas menganut agama dan kebercayaan?
7. Apa yang menyebabkan munculnya sikap eksklusipme dalam beragama?
Jawab.!!.
1. Sekaligus sifat pelbagaian tersebut sebagai fakta sejarah kemmudian disatukan menjadi negara kesatuan neraga dasar negara pancasila , dengan lambang Garuda lengkap dengan motto binekha tungkalika, artinya berpedah pedah tetap satu. Pancasila sebagai ideologi neraga merupakan payung sekaligus dasar bagi bangsa dan masyarakat majemuk dalam hal agama.
2. Indonesia adalah pluralis; secara budaya, etnik, dan tentu saja agama, yang berarti peran etnik dan agama indonesia sangat menentukanbagi massa depan bangsa ini.oleh karena itu agama-agama yang ada di indonesia harus menyandari konteks – konteksnya dimana ia ditempakan dan berada, yakni di bumi indonesia ciri khasnya mendasar ,yang tidak dapat ditolak oleh siapun adalah, pluralitas termasuk plural..
3. Hubungan antar umat beragama di indonesia mengalami pasang surut tidak jarak terjadinyan konflik-bahkan pertikaian berdarah yang bermuatan antar agama terutama kristen dan islam.
4. Mayoritas dan minoritas daalam pluralitas . istilah mayoritas berasal dari bahasa latin, maior/ magns yang artinya : banyak besar, sedangkan minoritas berasal dari kata minou/ parpus artinya, berkurang,kecil , sedikit.
5. Agama – agama yang ada hendaknya perperan besar dalam rangga pembangunan nasional sebagai faktr motivasi,kreatif,inofatif dan interaktif, sublimatif ( penghayatan) dan sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan berneraga.
6. - Tulisan –tulisan yang diterbitkan oleh kalangan pihak agama lain yang dipandang para pemeluk tdak sesuai dengan apa yang mereka imani. 1 usaha penyebaran agama agresif.2 penggunaan rumah sebagai tempat ibadah 3. Peneraapan peraturan pemerintah yang diangkap diskriminatif terhadap agama tertentu .4. kecurigaan timbal balik antara perkenaan dengan posisi agama dan peranan agama dalam neraga bangsa indonesia.
7. Menjadi agama sebagai tungkangan untuk kepentingan tertentu .para penganut agama –agama yang ada di indonesia harus menyedari realita kemajemukan serta potensi bahaya jika masing-masing hanya mementingkan agamanya sendiri dan mengabaikan kepentingan kelompok lainya.


Pertemuan ke IX
Konsep tentang gereja.
Evalusi:
1. Apa itu gereja?
2. Bagaimana kehidupan gereja mula-mula?
3. Siapa saja aktor dalam gereja?
4. Usaha apa saja yang dilakukan untuk menyatukan gereja-gerja yang terpeceh ?
Jawab.!!!
1. Gereja berarti persekutuan ,perkumpulan atau golongan yang dipanggil keluar oleh kristus dari kegelapan menuju ke dalam terang yaitu keselamatan dalam krisrus yesus.
2. Gereja terbagi dua,pada mulanya gereja terpusat di yerusalem.kemudian pindah ke antiokhia ,kemudian pindah ke roma (italia ), pada zama n pemerintahan kekaisaran romawi raya.
3. Inti dari reformasi marthen Luter diantaranya. Pertama dibernakan oleh iman (sola Fide ); kedua amal bukan bertujuan untuk memberoleh keselamatan ,melainkan sebagai ekspresi , wujud atau bua dari iman.
4. Koncangan tersebut dalam kritikan –kriktikan terhadap gereja katolik, dan semakin kencar tuntutan untuk merenformasi ada tiga hal yang memicu diamngkap perlunya reformasi gereja. Yaitu : 1 konteks sosial . 2. Konteks politik. 3. Konteks ekonomi.

Pertemuan ke X

Memahami tentang tritunggal.
Evaluasi :
1. Bagaimana hubungan tritunggal dapat dipahami?
2. Apa peran Allah Bapa?
3. Apa peran Allah Anak?
4. Apa peran Allah Roh Kudus?

Jawab .!!
1. Intisari dari iman kristen terletak pada Allah Tritunggal , Allah Bapa, Allah Anak , dan Allah Roh Kudus. Allah tritunggal adalah satu kodrati ilahi dalam tiga pribadi . tiga berarti bukan tiga Allah . Allah tetap satu .tetapi Allah yang satu gterwujud dalam tiga , tidak mudah untuk mengerti bagaimana memahami satu Allah dalam tiga pribadi Bapa, Anak ,Roh Kudus.
2. Allah Bapa, pribadi pertama dari Allah tritungga 1)Yesus sendiri, menyebut Allah itu Bapa ; matius 5.48, markus 14,36. Lukas 23: 46. Yohanes 5:18
3. Allah Anak. Adalah pribadi kedua dari Allah Tritunggal 1) Yesus adalah putra Allah yang yang menjelma menjadi manusia ( yoh; 1: 2-14)
4. Allah Roh Kudus adalah ; pribadi ketiga Allah Tritunggal.


PERTEMUAN KE XI
KONSEP TENTANG DOSA
Evaluasi:

1. Apa itu Dosa?
2. Bagaiman wujud dosa dalam perjanjian lama?
3. Apa itu Hamartanah dalam perjanjian baru?
4. Apa akibat kerusakan hubungan manusia dengan Allh?
Jawab.!!!!.
1. Dosa artinya; tidak memberhatikan peraturan (norma , kaidah hukum,) yang yang diadakan atau difirmankan tuhan, sehingga terjadilah berbuatan-berbuatan sebagaimana yang disebut istilah-istilah tersebut.
2. Dosa dalam perjanjian lama PL. Dapat disimpulkan pelangkaran atau pemberontakan manusia terhadap kehendak dan perintah Allah yang dilakukan manusia manusia secara sengaja ; artinya manusia secara sadar melawan Allah
3. Harmatana, yang artiya; melenceng, luput berpikir pendek dan sesat membuat kasahan , kejatuhan moral.
4. Akibat dari dosa ;hubungan manusia dengan Allah ,dan rusak hubungan manusia dengan sesama.


PERTEMUAN KE XII
KONSEP TENTANG KESELAMATAN

Evaluasi;

1. Bagaimana situasi manusia sebelum diselamatkan dari dosa?
2. Dapatkah manusia diselamatkan diri dari dosa?
3. Bagaimana memahami Yesus kristus membebaskan manusia dari dosa?
4. Apa arti yesus manusia sejati dan Allah sejati?
5. Apa itu bertobatan?
Jawab.!!!,.
1. Ternyata manusia tidak dapat membertahankan keadaan ,keselarasan , mengetahui dan mematuhi norma, hukum, dan kehendak tuhan.manusia tidak mau lagi berada dalam ikat dengan Tuhan.
2. Keselamatan manusia itu melalui Yeus kristus , datang untuk menebusdosa , merngampuni dosa dan menyelamatkan orang bercaya melalui kematian dan kebanggitannya.
3. Yesus kristus datang untuk menebus dosa mengampuni dosa dan menyelamatkan orang beracaya,melalui kematian dan kebanggitannya.
4. Manusia adalah serupa citra Allah baik rohani, maupun jasmani hidup dalam keselarasan dengan Allah
5. Bertobatan berasal dari kata tobat, dari bahasa semitik touba yang artinya berbalik kembali ,atau berbaikki kembali yang dulunya disembah dan berbalik kepada tuhan mengubah pikiran ,yang sallah . Tobat adalah berbalik dari berhala .

PERTEMUAN KE XIII
DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA.
Evaluasi:
1. Apa itu kekerasan atas nama agama?
2. Apa saja penyebab sering munculnya konflik antar agama?
3. Apa saja akibat konfilik antar agama dalam masyarakat majemuk?
4. Bagaimana sebaiknya seluruh umat beragama menceka konflik antar agama?
5. Apa yang dimaksud rekonsiliasi?

Jawab,!!!.
1. Hubungan yang diwarnai oleh kekerasan dengan atas nama , sasaran , motif, penghancuran harta bendah ,pengerusakan simbol-simbol keagamaan , pemukulan penyiksaan , penganiayaan, bahkan pembunuhan.
2. Setiap orang memiliki kompleksitas motivasi, .motivasi tersebu dipengaruhi oleh dua sistem hastrat mendasar ada dalam setiap manusia . rancangan salah satu sistem hasrat ini merasakan perasaan senang , gembira dan kepuasan da n cinta kasih .rancangandari sistem hasrat lainnya menghasilkan sensai kecemasan , teror ,amara, mencapai kegembiraan kepuasan dan cinta; sebaiknya menjauhi rasa cemas ,tror selalu mempengaruhi setiap kelompok bisa mengalami kekecewaan ,atau ketegangan .
3. Penyebab bisa saja teologis dan non teologis,sebagaimana yang telah dipaparkan dalam pembahasan sebelum nya , seperti absolute truct clim , declaraton of holy war,penerbitan agama lain oleh bukan penganutnya, namun tidak sesui dengan apa yang diimani , sehingga diangkap menodai agamanya ,masalah ,tempat ibadah penerapan peraturan pemerintah yang terkadang diskriminasi ,kecurigaan timbal balik masing-masing pihak.
4. Mengatasi konflik antar agama, perjumpaan antar agama di indonesia tidak mungkin dihindari, hubungan antar agama pasang surut harus tetap menjadi kerihatinan semua penganut agama,. Karena hakekat dari semua agama mengajarkan cinta kasih, perdamaian , pegipulah hakikat mendasar dari setiap manusia berusaha mencari kedamaian.
5. Gukhnhjn



PERTEMUAN KE XIV
ARTI TUJUAN DIALOG;
Evalluasi:
1. Apa itu dialog?
2. Mengapa dialog sangat penting dalam kehidupan umat beragama?
3. Prinsip-prinsip apa yang harus dipegang dalam dialog?
Jawab. !!!.
1. Istilah dialog berasal dari dua kata suku katadari bahasa yunani ,yakni dia yang berarti dua . dan logika yang berarti percakapan atau kata-kata . dialog berarti percakapan yang berpangkal pada usaha yang memngerti partner/ teman bicara dengan baik,dalam dialog selalu terbuka bagi pendapat orang lain , dan bersedia untuk berbicara dan mendengar . dalam dialog terjadinya komunikasi dua arah yang saling berinteraksi. Dialog adalah proses yang didalamnya baik individu maupun kelompok , belajar menghilangkan kekuatiran , kecurigaan , ketidakpercayaan satu sama lain. Hasilnya adalah tercipta suatu suasana baru yakni, semua pihak salig mempercayai.
2. Membangun antar agama dalam masyarkat majemuk , dialog antar umat beragama merupakan jalan solusi yang paling sesuai menuju kerukunan dan berdamaian . Dialog yang terjadi bukan dialog antar agama tetapi dialog antar umat beragama , adalah percakapan antar penganut agama saling nilai yang dimilik masing-masing pihak.
3. Dialog untuk bertujuan mengubah image atau gambaran yang keliruh mengenai orang lain, / penganut agama lain .Dialog adalah sarana menuju transformasi sosial, yaitu terjadi saling pengertian antar umat beragama.dengan dialog diharapkan timbul toleransi dan tegang rasa . Toleransi dari kata toleran , artinya menyebarkan diri, menahan diri , sikap membiarkan menangkung dan mengangkat bersama secara seimbang dan saling mengerti . dialog dapat dilaksanakan apabilah dilandasi sikap adany, keterbukaan ,kejujuran, dan ketulusan hati, bermaksud bukan berarti mencari pemupakatan pilak lain atau kompromi, melainkan membri informasi atas nilai yang dimilliki , selalu membantu pihak lain untuk mengambil keputusan bertanggung jawab.


PERTEMUAN KE XV
JENIS BENTUK DAN PRINSIP-PRINSIP DIALOG
Evaluasi:
1. Sebutkan jenis-jenis dialog?
2. Apa yang dimaksud dengan dialog kehidupan?
3. Prinsip-prinsip apa saja yang harus ada didalam dialog?
4. Apa yang bisa menghambat dialog?
Jawab.!!!.
1. Ada dua jenis dialog : A .Dialog formal artinya dialog yang dilakukan melalui kesepakatan bersama antar umat beragama dalam suatu institusi atau lembaga. Semua pihak yang hadir merupakan wakil resmi dari suatu lembaga atau komuitas.hasil dari dialog dipublikasikan melalui terbitanbuku atau pers,. Manfaat dialog formal adalah masyarakat luas dapat mengetahui dialog tersebut, dan berahap melalui dialog tersebut dapat menguba kehidupan bersama.
2. B. Dialog informal adalah dialog antara personal pribadi , kelompok yang memunngkinkan para peserta bisa membahas apapun yang dihadapi secara praktis dan melakukan hasilnya dalam rangga kersa sama antar umat beragama. Dialog ini tidak mewakili komunitas tetapi yang terpenting adalah menjalin hubungan relasi antar pribadi , kelompok yang berpedah antar agama. Dialog informal hterjadi dalam masyarakat secara empris, yang meliputi segalah bentuk bergaulan . dan ada banyak wujud dalam dialog informal.
3. Bentuk atau prinsip dialog .ada beberapa bentuk dialog antara lain; dialog kehidupan, dialog percakapan, dialog spritualitas,dan dialog dalam tindakan.
- Kepribadian yang utuh
- Dapat mengatasi kendalah atau tantangan
- Adanya ketulusan dan kejujuran
- Sikap saling menghormati dan saling menerima
- Prinsip kebebasan
- Berpikir positif dan percaya
4. Bisa menghambatkan dialog adalah;
- siakp tertutup eksklusif
- sikap primordial dan radical
- sikap fundamentalitas
- sikap superiorias
- sikap menakluk
- harapan dialog bagi massa depan

HOPE GOD

IMAGE EXAMPLE.















https://yaliwimpuk.blogspot.com/2018/06/realita-sebagai-konteks-kehairan-agama.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1

Data Resume Pribadi Tetewar Yosua Sama

INDEKS KESENJANGAN LITERASI KAPASITAS KEMAMPUAN 4M.

  JPG.Ilustrasi.Yaliwimpuk.com INDEKS KESENJANGAN LITERASI KAPASITAS KEMAMPUAN   4M. "Pelajar di daerah pinggiran pelosok Papua, baru b...